Kepala Bidang SDA dan Teknologi Balitbang Provinsi Jawa Timur Menerima Kunjungan Kerja dalam rangka Koordinasi SIDa dari Tim SIDa Kabupaten Gresik


Jum'at 13 Pebruari 2015, Balitbang Provinsi Timur menerima kunjungan Kerja dari Bappeda Kabupaten Gresik. Kedatangan Tim SIDa Kabupaten Gresik disambut oleh Kepala Bidang Sumberdaya Alam dan Teknologi Balitbang Provinsi Jawa Timur Ibu Dra. ASRI HARIJATI, M.Ed., Ph.D didampingi Peneliti Bidang Sumberdaya Alam dan Teknologi Ir. ACHMAD HUSEIN, MT, Staf Penyusunan Program ARIE IKA SUSANTY, S.Si, MPH, Apt dan Staf Bidang Sumberdaya Alam dan Teknologi JOKO SUSANTO, SE. Kunjungan Kerja yang berjumlah 4 orang dipimpin oleh Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kab. Gresik Bpk. Ir. DJOKO PUDJOHARDJO M.Si didampingi Staf Bappeda Kabupaten Gresik (KEMAS S. RIZAL, ABDUL ROHMAN dan TINO RENDRA) dalam rangka koordinasi Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Gresik Tahun 2015.




Ir. DJOKO PUDJOHARDJO M.Si mengungkapkan perkembangan SIDa Kabupaten Gresik, Tahapan SIDa yang telah dilakukan mulai dari sosialisasi, pembentukkan Tim Koordinasi, penentuan Tema SIDa.






Tema SIDa Kabupaten Gresik adalah Pengembangan Agroindustri dan Minapolitan serta Pengembangan Pariwisata kreatif. Perkembangan terakhir telah tersusun Draft Road Map SIDa Kabupaten Gresik Tahun 2015 - 2020 yang diintegrasikan ke dalam RPJMD Kab. Gresik Tahun 2015 - 2020.




Dra. ASRI HARIJATI, M.Ed., Ph.D menjelaskan SIDa adalah keseluruhan proses dalam satu sistem untuk menumbuh kembangkan inovasi yang dilakukan antar institusi pemerintah, pemerintah daerah, lembaga kelitbangan, lembaga pendidikan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha dan masyarakat yang biasa disebut Quadra Helix. Penguatan SIDa diperlukan untuk mengefektifkan dan efisiensi pengelolaan inovasi dalam rangka eksistensi Produk Unggulan Daerah yang pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian daerah. Roadmap penguatan SIDa mengakomodasi seluruh program serta kegiatan inovasi yang berdaya saing yang didanai dari anggaran pendapatan dan belanja negara, anggaran pendapatan dan belanja daerah provinsi, anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota dan lain-lain pendapatan yang sah dan tidak mengikat.




Dra. ASRI HARIJATI, M.Ed., Ph.D Menambahkan Kabupaten Gresik hendaknya juga mempersiapkan Pengembangan STP (Science and Techno Park) sesuai dengan amanat VISI-MISI PRESIDEN RI yang tertuang dalam Nawa Cita ke-6 yaitu : Membangun sejumlah Science dan Techno Park di daerah-daerah, politeknik dan SMK-SMK dengan prasarana dan sarana dengan teknologi terkini.




Ir. ACHMAD HUSEIN, MT, menambahkan perlunya penguatan organisasi SIDa (pembentukan sekretariat SIDa dan dukungan pembiayaan). Organisasi SIDa ini perlu segera dibentuk dalam rangka mengurusi berbagai potensi inovasi Gresik serta berbagai permasalahan terkait SIDa Gresik.


Leave Comment

0 Comments

Kunjungi Sosial Media Kami

Alamat Kantor

Jl. Gayung Kb. Sari No.56, Gayungan, Kota Surabaya
Jawa Timur 60235, Indonesia

Telepon / Fax : (031) 829 0738 / (031) 829 0719
Email : litbangjatim@yahoo.com

Copyrights © 2017 Badan Penelitian & Pengembangan Jawa Timur.
All Rights Reserved.

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari Ini : 235
Pengunjung Kemaren : 277
Total Pengunjung : 13420
Pengunjung Online : 1