Distanak Banten Dorong Petani Melek Teknologi


Serang (AntaraBanten) - Untuk mendorong peningkatan pendapatan para petani Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Provinsi Banten mendorong penerapan pola tani dan beternak yang efisien dengan memanfaatkan teknologi pertanian tepat guna yang kini sudah banyak disosialisasikan.



"Faktor utama yang membuat petani kita tertinggal pendapatanya karena keterbatasan lahan yang rata-rata kurang dari 1 hektar maka jalan keluarnya adalah dengan melakukan intensifikasi pertanian yang hanya bisa dilakukan dengan menggunakan teknologi karena itulah kami mendorong petani Banten agar lebih mengenal teknologi tepat guna pertanian," kata Kepala Distanak Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, di Serang, Jumat.



Menurut dia, untuk melaksanakan program tersebut pihaknya berupaya mengundang dan mempertemukan perwakilan para petani dengan ahli-ahli peneliti teknologi pertanian tepat guna dari Institut Pertanian Bogor (IPB).



Selain itu, kata dia, pihaknya juga secara berkala terus memonitor hasil-hasil penelitian benih unggulan dari Balai Pertanian maupun dari IPB untuk disebarluaskan kepada para petani.



"Program terakhir baru saja kami menggelar acara pameran dan talk show teknologi pertanian dengan mengundang nara sumber para ahli dibidang tersebut dari IPB," katanya.



Melalui forum tersebut, katanya, hasil-hasil penelitian yang sudah teruji yang dilakukan oleh para pakar dapat langsung dikenalkan kepada petani untuk membantu mereka memecahkan masalah mulai dari pengolahan, cara mendapat bibit unggul, pemilihan pupuk, hingga penanganan hama.



"Dalam program selanjutnya kami memproyeksikan para petani hortikultura dan peternak di Provinsi Banten bisa ditatar langsung oleh peneliti IPB mengenai diseminasi teknologi dan klinik tanaman," katanya.



Hal senada diungkapkan Direktur Kajian Strategis Kebijakan Pertanian (KSKP) IPB Dr Dodik Ridho Nurochmat yang bertindak selaku nara sumber talk show dengan menyatakan, forum diskusi antara IPB, Pemerintah Daerah, dan petani diperlukan hasil jerih payah kajian dan penelitian para ahli secara langsung dapat diterapkan dan dinikmati para petani.



"IPB telah menghasilkan banyak penelitian pertanian, agar hasil penelitian tidak hanya dinikmati oleh peneliti saja, harus disebarluaskan kepada masyarakat, termasuk juga kepada para petani di Banten" katanya.



Ia mengatakan, akan lebih terarah lagi bila petani mendapat pendampingan langsung dari ahli pertanian untuk bisa memahami tiap konsep serta tahapan bertani yang efektif dan efisien.



"Karena itu kami berharap IPB dan Pemprov Banten bisa menjalin kerja sama untuk merespon berbagai persoalan yang dihadapi petani di wilayah ini," katanya.


Leave Comment

0 Comments

Kunjungi Sosial Media Kami

Alamat Kantor

Jl. Gayung Kb. Sari No.56, Gayungan, Kota Surabaya
Jawa Timur 60235, Indonesia

Telepon / Fax : (031) 829 0738 / (031) 829 0719
Email : litbangjatim@yahoo.com

Copyrights © 2017 Badan Penelitian & Pengembangan Jawa Timur.
All Rights Reserved.

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari Ini : 73
Pengunjung Kemaren : 135
Total Pengunjung : 51868
Pengunjung Online : 1