Penganugerahan Inovasi Teknologi Tingkat Jawa Timur Tahun 2021


Dalam memperkuat daya saing daerah inovasi memegang peran penting. Gubernur selalaku wakil Pemerintah Pusat berkewajiban untuk melakukan pembinaan dan pengawasan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten dan Kota bahkan memberikan fasilitas kepada masyarakat. Secara implementatiftugas tersebut diperankan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur.

Dalam konteks inovasi, melalui pasal 386,UU no. 23 th 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang ditindaklanjuti dengan PP no. 38 th 2017 tentang Inovasi Daerah, pemerintah memberikan amanat kepada Pemerintah Daerah untuk selalu melakukan pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah atau disebut dengan INOVASI DAERAH. Inovasi daerah ini diarahkan untuk mempercepat perwujudan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan Pelayanan Publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat serta peningkatan daya saing Daerah.

Ada 3 bentuk Inovasi Daerah:

1.Tata Kelola Pemerintahan yang intinya inovasi yang terkait dengan manajement dan fungsi2nya diperuntukkan internal pemerintah derah;

2.Pelayanan Publik adalah inovasi yang berhubungandengan pelayanan kepada masyarakat; dan terakhir adalah,

3.Inovasi lainnya, yaitu inovasi di luar 2 inovasi tersebut, inovasi ini harus sesuai urusan yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Berdasarkan pasal 388 UU no. 23 tahu 2014, usulan inisiatif Inovasi Daerah dapat berasal dari:

a. Kepala Daerah;

b. Anggota DPRD;

c. ASN;

d. Perangkat Daerah; dan

e. Anggota masyarakat.

Sebagai bentuk riil kehadiran Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memberikan pembinaan dan pengawasan serta pengutan daya saing daerah untuk menghadapi revolusi industry 4.0 maka digagaslah INOTEK AWARD.

Secara organisatorik Tim Pelaksana Inotek Award tahun 2021 melibatkan semua unsur dan sumberdaya yang ada pada balitbang dan secara operasional didukung oleh beberapa OPD Provinsi serta dalam penjurianpun Kita melibatkan unsur Akademisi, Praktisi, OPD Provinsi, Tim Pengendali Mutu Kelitbangan dan Tim Fasilitasi HKI Balitbang.

Inotek Award tahun 2021 merupakan sinergitas program kegiatan, bukan hanya dilakkan dalam rangka memperkuat ekosistem inovasi akan tetapi juga diarahkan untuk menggarap inovasi yang paripurna baik dalam inisiasi, uji coba dan penerapan serta pemberian penghargaan kepada para actor dengan mengkolaborasikan icon program Kepala Daerah diantaranya adalah Belanja Inovasi atau juga disebut BELANOVA dan fasilitasi perolehan HKI melaui aplikasi e-Niki Bang atau elektronik Klinik Kekayaan Intelektual Balitbang dan apabila memungkinkan hasil dari Inotek Ini akan kita bantu kembangkan melalui kegiatan inkubasi.

Selain kolaborasi icon program Jawa Timur, Inotek Award juga dilakukan dalam rangka sinergitas prgroam dan kegiatan pusat dan daerah, provinsi dan kabupaten serta kota terutama dalam Innovative Government Award (IGA).

Secara teknis Inotek Award Provinsi Jawa Timur tahun 2021 ini terdapat beberapa perubahan diantaranya adalah:

  • 1.Penerima anugerah yang tadinya hanya dari unsur masyarakat sekarang kita tambah dengan OPD Kabupaten/Kota dan ASN baik secara individu maupun kleompok;
  • 2.Kategori yang tadinya hanya bersifat pembidangan sekarang kita tambah Inovasi Daerah dan juga ada kategori untuk Perangkat Daerah Penyelenggara Fungsi Kelitbangan yang inovatif dan kreatif.
  • 3.Untuk penghargaan terhadap penerima anugerah akan diberikan piagam, tropi, uang pembinaan, fasilitasi HKI, pembelian inovasi dan apabila memungkinkan akan diinkubasikan sebagai bentuk tindak lanjut dari fasilitasi pengembangannya.

Tahapan penilaian atau seleksi dalam Inotek Award di bagi menjadi 3 tahap yakni tahap seleksi atau penilaian administrasi danproposal, tahap 2 paparan proposal dan tahap akhir atau ke 3 adalah fack finding atau peninjuan penerapan lapangan.


Video INOTEK AWARD 2021


Leave Comment

0 Comments

Kunjungi Sosial Media Kami

Alamat Kantor

Jl. Gayung Kb. Sari No.56, Gayungan, Kota Surabaya
Jawa Timur 60235, Indonesia

Telepon / Fax : (031) 829 0738 / (031) 829 0719
Email : litbangjatim@yahoo.com

Copyrights © 2017 Badan Penelitian & Pengembangan Jawa Timur.
All Rights Reserved.

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari Ini : 221
Pengunjung Kemaren : 254
Total Pengunjung : 252591
Pengunjung Online : 1