Seminar Hasil Bidang Pengembangan Hasil Penelitian dan Teknologi Terapan


Surabaya – Balitbang melalui Bidang Pengembangan Hasil Penelitian dan Teknologi Terapan mengadakan Seminar Hasil Pengembangan pada hari selasa tanggal 29 oktober 2019 yang dihadiri oleh kurang lebih 50 orang.


Seminar ini membahas tiga topik pengembangan, yang pertama adalah Model Peningkatan Pendapatan Masyarakat Pedesaan dan Pendampingan Berbasis Kotoran Ternak Sapi Sebagai Media Pembudidayaan Cacing Untuk Menghasilkan Produk Pertanian dan Kesehatan, dengan pelaksana Universitas Islam Negeri Surabaya dan lokus Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan ini merupakan upaya untuk mengentaskan kemiskinan yang di lakukan dengan pola kemitraan, dengan merujuk pada kebutuhan masyarakat yang menjadi sasaran pemberdayaan.


Yang kedua, Model Penguatan Lembaga Adat Dalam Rangka Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa, dengan pelaksana Pasca Sarjana Universitas Brawijaya Malang dan lokus Kabupaten Probolinggo dan Mojokerto. Desa adat di tandai dengan adanya sekelompok orang yang berada pada wilayah teritorial tertentu, dengan sistem aktivitas ekonomi yang seragam di samping itu juga memiliki prinsip hidup, pola interaksi berkelanjutan dalam aktivitas sehari hari, serta memiliki seperangkat aturanbaik yang tertulis maupun tidak tertulis yang di patuhi bersama.Kondisi saat ini baik di desa adat sendi maupun masyarakat tengger dukuh seruni, keduanya hidup sederhana dan cenderung sulit untuk menerima perubahan sehingga sulit untuk mengembangkan budaya yang mereka miliki sebagai potensi ekonomi,dalam upaya mengurangi angka kemiskinan.


Yang ketiga, Pengembangan Diversifikasi Vertikal Maronggi ( Kelor ), dengan pelaksana LPPM Universitas Negeri Jember dan lokus Kabupaten Sumenep dan Banyuwangi. Tanaman kelor merupakan tanaman multi guna, karena hampir seluruh bagiannya ( akar, daun, polong dan kulit batang ) dapat di manfaatkan oleh semua kalangan, dan mempunyai nilai gizi yang cukup baik,sehingga mampu menjadi solusi masalah kurang gizi untuk masyarakat dengan perekonomian rendah.Peluang dan potensi pengembangan tanaman kelor bagi masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan sangat bagus,dan peminatnya dari berbagai kalangan industri mulai dari obat dan lainnya.


Leave Comment

0 Comments

Kunjungi Sosial Media Kami

Alamat Kantor

Jl. Gayung Kb. Sari No.56, Gayungan, Kota Surabaya
Jawa Timur 60235, Indonesia

Telepon / Fax : (031) 829 0738 / (031) 829 0719
Email : litbangjatim@yahoo.com

Copyrights © 2017 Badan Penelitian & Pengembangan Jawa Timur.
All Rights Reserved.

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari Ini : 26
Pengunjung Kemaren : 150
Total Pengunjung : 167732
Pengunjung Online : 1