Temu Ilmiah Nasional 2019


Malang – Badan Penelitian dan Pengembangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Temu Ilmiah Nasional. Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah pertama sebagai masukan/idea/sumbangan pemikiran peneliti dan akademisi dalam perencanaan pembangunan pemerintah provinsi jawa timur dan solusi permasalahannya secara ilmiah dan inovatif. Kedua, sebagai media dan mempertemukan antar peneliti pemerintah daerah, peneliti perguruan tinggi, peneliti lembaga penelitian di jawa timur maupun di luar jawa timur untuk saling berbagi pengalaman atau transfer knowledge. Dan ketiga sebagai wahana untuk peningkatan kompetensi peneliti. Kegiatan ini dilaksanakan acara ini dilaksanakan pada hari selasa sampai dengan kamis tanggal 3 s/d 5 September 2019 bertempat di Hotel Regent’s Park Malang Jl. Jaksa Agung Suprapto no. 12 – 16 Malang. Dengan mengusung Tema Percepatan Pembangunan dan Pengembangan DesaMandiri sejalan dengan Nawa Bhakti Satya ke-7 (Jatim Berdaya) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.


Temu Ilmiah Nasional dibuka secara resmi oleh Bu Gubernur Khofifah Indar Parawansa dengan dilanjutkan paparan yang berjudul Percepatan Pembangunan Dan Pengembangunan Desa Mandiri. Beliau menyampaikan status kemajuan dan kemandirian desa berdasarkan indeks pembangunan desa. Lalu untuk alokasi dan realisasi dana desa di Jatim sebanyak 7.724 Desa dengan dana desa Tahun 2015- 2019 sebesar 27.306 Triliun. Disampaikan pula pemanfaatan Dana Desa Provinsi Jawa Timur terbagi menjadi 2 fokus yaitu menunjang aktivitas ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa. Nawa Bhakti Satya Jatim Berdaya merancang Klinik BUMDesa dengan 4 strategi utama yaitu Pemetaan, Pelatihan, Pendampingan, dan Expo.


Dalam rangkaian acara selama 3 hari tersebut, sebanyak 103 Peneliti dari insititusi negeri, swasta maupun independent se-Indonesia memaparkan karya tulis/ paper sesuai 3 sub tema yang diangkat yaitu yang pertama Pengembangan Ekonomi Desa, Revitalisasi Koperasi, Umkm Dan Bumdes, kedua Pengembangan Infrastruktur Ekonomi Desa (Koperasi Perempuan, Petani, Nelayan, Penataan Pasar Tradisional, Ovop Dan Agropolitan), dan yang ketiga Pengembangan Kualitas Sdm Pedesaan (Pendidikan, Kesehatan, Ketenaga Kerjaan, Aparatur Pemerintahan Desa). Sejalan dengan 3 subtema tersebut, pembicara yang diundang juga merupakan tokoh- tokoh memiliki kepakaran dibidangnya. 4 Pembicara tersebut antara lain Prof. A. Erani Yustika, M.Sc, Staf Khusus Presiden RI Bidang Ekonomi, Prof. Mas’ud Said, MA, Direktur Pasca Sarjana Universitas Islam Malang (UNISMA), Prof. Dr. Maryunani, M.S., Ketua Pusat Studi Pengembangan Desa Universitas Brawijaya, Dr. Wildan Syafitri, Ph.D, Staf Pengajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, dan Cecep Effendy, PhD Staf Ahli Bina Pemerintahan Desa RI. (rci)


Leave Comment

0 Comments

Kunjungi Sosial Media Kami

Alamat Kantor

Jl. Gayung Kb. Sari No.56, Gayungan, Kota Surabaya
Jawa Timur 60235, Indonesia

Telepon / Fax : (031) 829 0738 / (031) 829 0719
Email : litbangjatim@yahoo.com

Copyrights © 2017 Badan Penelitian & Pengembangan Jawa Timur.
All Rights Reserved.

Statistik Pengunjung

Pengunjung Hari Ini : 113
Pengunjung Kemaren : 217
Total Pengunjung : 145876
Pengunjung Online : 1